Minggu, 09 September 2012

Memilih Pekerjaan Sesuai Kepribadian

Hari ini saya berbincang-bincang dengan salah satu teman saya mengenai mencari pekerjaan. Dan sepertinya menarik jika saya menulis sebuah artikel mengenai "Pekerjaan"

Yang akan saya angkat malam ini bertema "Memilih Pekerjaan Sesuai Kepribadian"


Pernahkah kamu bertanya kepada diri kamu sendiri "Apa pekerjaan yang cocok buat saya?".
Seperti yang kita ketahui setiap orang mempunyai karakter berbeda. Dan alangkah baiknya jika perkerjaan yang kamu lakukan sesuai dengan karakter dan hobi kamu. Contoh, kamu menyukai alam bebas maka kamu bisa bekerja sebagai wild fotografer atau sebagai jurnalistik alam bebas? Atau kamu menyukai pelajaran angka dan logika mungkin kamu bisa bekerja sebagai programer atau akuntan. Sehingga apapun yang kamu lakukan dan alami dalam pekerjaan akan terasa menyenangkan.

Dan langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan MENGENALI TIPE KEPRIBADIAN kamu dan menyesuaikan dengan pekerjaan yang nanti akan kamu cari. Pada umumnya manusia dibedakan dalam 6 tipe kepribadian, yaitu :

1. Tipe Realistik
Digambarkan sebagai orang yang memiliki skill bekerja dengan mesin, alat atau binatang. Umumnya menghindari aktivitas sosial seperti mengajar, penyembuhan dan penyuluh. Orang dengan kepribadian seperti ini biasanya melihat diri mereka sebagai pribadi yang praktis, mekanis dan realistis. Contoh perkerjaan dalam lingkup ini adalah engineer, pilot atau petugas polisi.

2. Tipe Investigative
Diuraikan sebagai orang yang gemar dan pandai memecahkan masalah. Biasanya mereka menghindari pekerjaan yang bersifat memimpin, menjual atau memersuasi orang lain. Tipe ini melihat dirirnya sebagai seseorang yang presisi, scientific dan intelektual. Contohnya ahli kimia, dokter gigi, physician dan ahli matematik.

3. Tipe Artisitik
Suka melakukan aktivitas seni, drama, keterampilan tangan, menulis sastra. Umumnya tipe ini menghindari aktivitas yang rutin, berulang serta pekerjaan yang sifatnya highly ordered. Tipe ini melihat dirinya sebagai pribadi yang ekspresif, orisinal dan independen. Contohnya designer pakaian, penari, komposer, editor buku dan graphic designer

4. Tipe Sosial
Suka menolong sesama serta pandai melakukan kegiatan seperti mengajar, konseling, merawat atau memberi informasi. Mereka biasanya menghindari pekerjaan yang berhubungan dengan mesin, alat atau binatang untuk mencapai suatu maksud. Tioe ini melihat dirinya sebagai pribadi yang suka menolong, bersahabat dan bisa dipercaya. Contohnya guru, konselor, perawat dan pekerja sosial.

5. Tipe Enterprising
Suka memimpin, mempengaruhi orang lain dan menjual gagasan. Umumnya menghindari aktivitas yang membutuhkan observasi mendalam dan pemikiran analisis. Tipe ini melihat dirinya sebagai pribadi yang enerjik, ambisius dan bisa bersosialisasi. Contohnya sales, agen real estate, pengacara, hakim dan manajer hotel.

6. Tipe Conventional
Suka bekerja dengan angka-angka, berkas-berkas dan segala yang serba teratur. Menghindari aktivitas yang tidak terstruktur dan "tidak jelas". Tipe ini melihat dirinya sebagai pribadi yang teratur dan mengikuti sistem yang sudah baku. Contohnya sekretaris dan teller bank.


Lalu, kamu termasuk tipe yang mana???



Sahabat Anda,
Iwenk

Sumber : Karir-up.com dengan sedikit perubahan

0 komentar:

Posting Komentar